mega888 joker123 918kiss super 8 ways ultimate pussy888 online casino malaysia xe88

Arsip Berita Pengadilan

Panitera Pengadilan Agama Pulang Pisau Hadiri Tabligh Akbar Muharram 1444 Hijriyah

Panitera Pengadilan Agama Pulang Pisau Hadiri Tabligh Akbar Muharram 1444 Hijriyah

 tablighakbar2022

Pulang Pisau | pa-pulangpisau.go.id

Tahun baru hijriyah adalah tahun baru dalam kalender hijriyah dalam Islam yang menjadi salah satu momen penting bagi umat muslim di seluruh dunia. Kalender hijriyah memiliki sistem penanggalan yang berbeda dengan sistem penanggalan dalam kalender masehi, sebagaimana kita kenal dan pakai saat ini. Sistem penanggalan dalam kalender Islam adalah ditentukan berdasarkan siklus bulan.

Peristiwa hijrah Nabi adalah salah satu momen penting dalam sejarah Islam yang terjadi pada tahun 622 Masehi. Kemudian hari itu ditetapkan sebagai hari pertama dalam penanggalan hijriyah atau kalender Islam yakni 1 Muharam 1 Hijriyah. Sejarah penetapan awal penanggalan kalender hijriyah tidak lepas dari peran Khalifah Umar bin Khattab karena penentuan awal tahun baru Islam itu diprakarsai oleh Khalifah Umar bin Khattab dengan persetujuan Usman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib, dikutip dari laman resmi Al Ain University. Penggunaan penanggalan hijriyah sebagai momen tahun baru Islam itu adalah dengan ditetapkannya tahun 622 Masehi (hijrahnya Nabi Muhammad SAW) sebagai tahun pertama kalender hijriyah. Saat itu adalah tahun ke-17 setelah peristiwa hijrah atau 3-4 tahun saat kepemimpinan Khalifah Umar bin Khattab.

Minggu, 31 Juli 2022 pukul 08.00 WIB bertempat di Masjid Agung Ar Raudhah Kabupaten Pulang Pisau, Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau dalam hal ini diwakili oleh Panitera Pengadilan Agama Pulang Pisau Ibramsyah, S.H. menghadiri kegiatan tabligh akbar tahun baru Islam 1444 H. Kegiatan Tabligh Akbar Tahun baru Islam 1444 H yang dihadiri kurang lebih 500 jemaah ini, dipimpin oleh Habib Mustafa Al Haddar dari Martapura, Kalimantan Selatan dengan mengambil tema “Bersyukur Atas Nikmat Allah SWT”.

Dalam ceramahnya Habib Mustafa Al Haddar mengatakan syukur artinya berterima kasih kepada Allah atas segala nikmatnya yang telah diberikan kepada kita. Ada beberapa cara bersyukur, di antaranya yang paling utama adalah dengan bertaqwa kepada Allah, menjalankan segala yang diperintahkan-Nya dan menjauhi segala yang dilarang oleh-Nya. Di saat ada orang yang memuji kita, maka ucapkanlah Alhamdulillah, di kala ada orang yang bilang bahwa wajah kita ganteng, maka ucapkanlah Alhamdulillah, di saat ada orang yang bilang bahwa wajah kita cantik untuk kaum hawa, maka ucapkanlah Alhamdulillah,  di saat ada orang yang bilang bahwa diri kita ini pintar, maka ucapkanlah Alhamdulillah, di saat kita mendapatkan nikmat dari Allah SWT.

tablighakbar2022 1

Selain itu juga Habib Mustafa Al Haddar mengajak kepada seluruh Umat terutama yang hadir dalam kegiatan hari ini agar selalu Bersyukur Atas Nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT dan juga mendoakan khususnya untuk Kabupaten Pulang Pisau agar wabah Covid-19 yang melanda di seluruh penjuru dunia dapat cepat berakhir dan kehidupan dapat kembali normal.

“C.A.T. (Cepat, Aktual, dan Terpercaya), NV/Timred”