Informasi Pengadilan

Hakim PA Pulang Pisau Sosialisasikan Hasil Pelatihan Online Kepemimpinan Yang Efektif

Hakim PA Pulang Pisau Sosialisasikan Hasil Pelatihan Online Kepemimpinan Yang Efektif

Hakim PA Pulang Pisau Mulyadi, Lc., M.H.I. mensosialisasikan hasil pelatihan online Kepemimpinan Yang Efektif yang pernah Ia ikuti pada hari Senin (23/11/2020). Bertempat di ruang sidang Pengadilan Agama Pulang Pisau sosilisasi diikuti oleh Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau dan seluruh jajarannya.

Dalam penyampaiannya, Mulyadi membeberkan bahwa tujuan utama perilaku kepemimpinan yang efektif adalah:

  • 1. Task Oriented yaitu efisiensi tinggi pada sumber daya dan personel serta kehandalan operasi, produk dan layanan yang tinggi
  • 2. Relations oriented yakni komitmen kuat terhadap unit dan misi kerja, tingkat saling percaya dan kerjasama yang tinggi antara anggota tim
  • 3. Change orintied yaitu peningkatan inovasi utama, dalam proses, produk dan layanan serta adaptasi terhadap perubahan eksternal.

Ia juga menguraikan 3 aspek dalam perbaikan diri yaitu:

  • 1. Inisiatif yaitu mengambil tindakan untuk meningkatkan diri, tidak menunggu pihak lain dan tidak menyalahkan pihak lain.
  • 2. Disiplin dengan cara mengontrol diri agar berpegangan pada action plan yang sudah dibuat.
  • 3. Review berkala dengan metode periksa kembali sejauh mana kita sudah meningkatkan diri.

Ditambahkannya bahwa perilaku pemimpin efektif dalam mengelola tugas yaitu:

  • 1. Planning dan organizing yaitu menetapkan sasaran dan cara mencapainya serta menentukan cara menggunakan dan mengalokasikan personel dan sumber daya untuk menyelesaikan tugas secara efisien.
  • 2. Clarifying roles and task yaitu mengkomunikasikan rencana, kebijakan dan peran yang diharapkan kepada anggota tim serta memastikan bahwa anggota tim mengerti apa yang harus dilakukan, bagaimana melakukannya dan hasil yang diharapkan.
  • 3. Monitoring operations and performance yaitu mengumpulkan berbagai informasi untuk memeriksa kemajuan dan kualitas pekerjaan serta mengevaluasi kinerja individu dan unit secara obyektif.
  • 4. Problem solving yaitu mengidentifikasi dan menganalisis masalah secara sitematis untuk menentukan penyebab.

Banyak lagi materi menarik lainnya disampaikannya yang sangat penting untuk dipelajari gunan meningkatkan wawasan dan kompetensi seluruh aparatur Pengadilan Agama Pulang Pisau khususnya para pimpinan di setiap lini. Semoga hasil pelatihan ini dapat diterapkan dengan maksimal baik dalam kehidupan sehari-hari seperti dalam lingkungan keluarga, masyarakat maupun di tempat kerja sehingga jiwa kepempinan aparatur Pengadilan Agama Pulang Pisau dapat semakin terasah, terampil dan profesional.

(Mul/Tim-Red)

  • Cara Mudah Telusuri Perkara Dengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi, maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) menjadi semakin penting dan dapat diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal, maupun pihak eksternal Pengadilan.
  • Kata Pengantar Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau Puji syukur kita panjatkan kehadirat kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayah Nya sehingga dengan karunia Nya Pengadilan Agama Pulang Pisau bisa mewujudkan cita-citanya untuk merelease Situs Resmi Pengadilan Agama Pulang Pisau dengan alamat http://pa-pulangpisau.go.id
  • Pelayanan Online pada Mahkamah Agung Informasi publik pada Mahkamah Agung RI yang dapat diakses secara online, seperti : Info Perkara, Direktori Putusan, SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) sehingga masyarakat bisa memperoleh informasi lebih baik, mudah, murah, cepat dan efisien.