Arsip Berita Pengadilan

Tingkatkan Kualitas Berita, Tim Redaksi PA Pulang Pisau Ikuti Webinar Kiat Menulis Berkualitas

Pulang Pisau, Jumat (26/6/2020) Tim Redaksi Pengadilan Agama Pulang Pisau mengikuti bincang virtual bersama Redaktur Majalah Peradilan Agama dengan Tema “Kiat Menulis Berkualitas”. Kegiatan yang langsung dibuka oleh Dirjen Badan Peradilan Agama Bapak Dr. Drs. H.Aco Nur, S.H., M.H sekaligus bertindak sebagai Keynote Speaker ini diikuti oleh 240 (dua ratus empat puluh) peserta yang mayoritas merupakan hakim angkatan VII dan VIII melalui aplikasi zoom dan live streaming youtube.

Di tengah-tengah kesibukannya, Bapak Dirjen Badilag tetap bersemangat dalam memberikan sambutannya. Beliau memberikan apresiasi kepada para hakim muda dan aparatur Pengadilan Agama yang sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Tidak lupa beliau mengajak para peserta untuk terus berkarya dan menjalankan kebijakan-kebijakan Badilag serta menciptakan inovasi-inovasi baru yang memberikan manfaat bagi masyarakat pencari keadilan. Sebagai motivasi, beliau juga mengajak peserta untuk rajin menulis, memperbanyak resensi buku, bahkan mempersilahkan kepada para hakim muda untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya demi meningkatkan kualitas pengetahuan hukum dalam melayani masyarakat.

Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 15.00 sampai dengan pukul 18.00 WIB ini sangat disayangkan jika tidak diikuti. Pasalnya, para peserta mendapatkan materi yang langsung disampaikan oleh Tim Redaktur Majalah Peradilan Agama. Mereka memberikan motivasi dengan menyampaikan pengalaman dan tantangan yang dihadapi dalam menulis majalah Peradilan Agama agar tetap eksis sejak 7 tahun lalu hingga saat ini. Selain itu mereka juga berharap agar nantinya ada regenerasi dari para peserta untuk bersama-sama melanjutkan perjuangan yang telah dilakukan.

Sebenarnya sangat banyak pemateri yang hadir. Namun dikarenakan keterbatasan waktu, hanya beberapa pemateri yang membagikan pengalamannya dalam sesi kali ini. Di antaranya yaitu Drs. Arief Hidayat, S.H., MH, Abdul Halim, S.HI., MH, Achmad Cholil, S.Ag, S.H, LL.M, Rahmat Arijaya, S.Ag, M.Ag, Ade Firman Fathony, S.H.I, M.S.I, dan Achmad Fauzi, S.H.I. Masing-masing pemateri ada yang menyampaikan materi mengenai sejarah majalah Peradilan Agama hingga teknik menulis yang selama ini mereka gunakan dan diakhiri dengan sesi diskusi.

Di akhir sesi, tim redaktur juga memberikan tugas kepada peserta dalam rangka menilai seberapa kuat keinginannya untuk bergabung dengan redaktur majalah Badilag dengan pilihan tema Peradilan Modern Berbasis e-Court, Kiat implementasi 11 aplikasi Badilag, menulis berita tentang meeting zoom berkaitan webinar dan meresensi buku dengan judul yang telah ditentukan.

Tugas yang diberikan deadline hingga hari Senin ini langsung mendapat respon positif. Karena selain mendapatkan tugas untuk mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan, para peserta juga langsung mendapatkan e-sertifikat sebagai tanda bahwa pernah mengikuti kegiatan yang ini. Walaupun begitu, para peserta juga berharap agar kegiatan ini terus berlanjut ke sesi berikutnya.

Tim Redaksi PA Pulang Pisau menyambut baik kegiatan ini. Karena dalam menulis berita terkadang terkendala dengan sulitnya merangkai kata agar tersusun secara sistematis dan menentukan judul yang dapat menarik minat para pembaca. Setelah mengikuti kegiatan ini dan belajar dari pengalaman para redaktur, diharapkan penulisan berita ke depannya menjadi lebih berkualitas dan terhindar dari kendala yang biasanya dihadapi.

(ND)

  • Cara Mudah Telusuri Perkara Dengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi, maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) menjadi semakin penting dan dapat diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal, maupun pihak eksternal Pengadilan.
  • Kata Pengantar Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau Puji syukur kita panjatkan kehadirat kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayah Nya sehingga dengan karunia Nya Pengadilan Agama Pulang Pisau bisa mewujudkan cita-citanya untuk merelease Situs Resmi Pengadilan Agama Pulang Pisau dengan alamat http://pa-pulangpisau.go.id
  • Pelayanan Online pada Mahkamah Agung Informasi publik pada Mahkamah Agung RI yang dapat diakses secara online, seperti : Info Perkara, Direktori Putusan, SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) sehingga masyarakat bisa memperoleh informasi lebih baik, mudah, murah, cepat dan efisien.