Arsip Berita Pengadilan

Pengadilan Agama Pulang Pisau Ikuti Pembinaan Permasalahan Ekonomi Syariah

Bertepatan dengan hari Jumat (26/06/2020), Ketua, Wakil Ketua, Para Hakim, dan Panitera Pengadilan Agama Pulang Pisau kembali mendapatkan ilmu yang sangat berharga. Pasalnya di Jumat pagi tersebut, aparatur PA Pulang Pisau bersama-sama mengikuti Pembinaan Teknis Yustisial yang disampaikan oleh Hakim Agung Bapak Dr. Yasardin, S.H., M.Hum. mengenai Permasalahan Hukum Ekonomi Syariah.

Dr. Yasardin dengan penuh semangat menyampaikan materi kepada seluruh peserta pembinaan. Tidak kalah dengan semangat pemateri, aparatur PA Pulang Pisau pun begitu antusias dalam menyimak setiap materi yang beliau sampaikan. Point demi point dari materi dicatat dalam buku agenda masing-masing agar nantinya dapat dikaji lagi secara mendalam.

Dalam pemaparannya, pemateri tidak hanya menjelaskan mengenai teori, namun secara langsung melakukan bedah kasus terhadap putusan perkara-perkara ekonomi syariah yang sampai ke tingkat Banding dan Kasasi berkaitan dengan perkara PMH, Wanprestasi, Parate Eksekusi, Asuransi, dan sebagainya.

Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 09.00 sampai dengan pukul 11.30 WIB ini dipandu langsung oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Agama Bapak Dr. H. Candra Boy Seroza, S.Ag., M.Ag. Ketika dibuka sesi tanya jawab, pertanyaan-pertanyaan pun bermunculan dari para hakim di berbagai daerah. Hal ini karena pembinaan tersebut tidak hanya diikuti oleh Pengadilan Agama Pulang Pisau saja, namun juga diikuti oleh seluruh PTA maupun PA seluruh Indonesia.

Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau, Sri Roslinda menyambut baik pembinaan ini. Hal ini merupakan salah satu bekal bagi aparatur Pengadilan Agama Pulang Pisau ketika nantinya ada masyarakat pencari keadilan yang mengajukan perkara ekonomi syariah. Dengan adanya pembinaan ini para hakim diharapkan sudah memiliki kecakapan dan pandangan yang matang dalam menyelesaikan sengketa ekonomi syariah yang akan dihadapi nantinya.

(ND)

  • Cara Mudah Telusuri Perkara Dengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi, maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) menjadi semakin penting dan dapat diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal, maupun pihak eksternal Pengadilan.
  • Kata Pengantar Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau Puji syukur kita panjatkan kehadirat kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayah Nya sehingga dengan karunia Nya Pengadilan Agama Pulang Pisau bisa mewujudkan cita-citanya untuk merelease Situs Resmi Pengadilan Agama Pulang Pisau dengan alamat http://pa-pulangpisau.go.id
  • Pelayanan Online pada Mahkamah Agung Informasi publik pada Mahkamah Agung RI yang dapat diakses secara online, seperti : Info Perkara, Direktori Putusan, SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) sehingga masyarakat bisa memperoleh informasi lebih baik, mudah, murah, cepat dan efisien.