Arsip Berita Pengadilan

Serah Terima Mahasiwa Praktikum UIN Antasari di PA Pulang Pisau

Pulang Pisau, Rabu (24/06/2020) sudah menjadi hal yang biasa dilakukan setiap Universitas dan perguruan tinggi di Indonesia setiap tahunnya. Sudah menjadi kerja sama yang baik pula bagi setiap Universitas dan Perguruan Tinggi Jurusan Syariah atau Hukum untuk magang di setiap Pengadilan Agama atau Pengadilan Negeri di Indonesia, untuk melaksanakan Praktikum atau yang biasa dikenal dengan PKH (Praktik Kemahiran Hukum) dan juga sering di dengar  dengan PPL (Program Pengalaman Lapangan).

Menjalin hubungan kerja sama yang baik dengan Pengadilan Agama Pulang Pisau untuk kedua kalinya menerima mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin untuk magang di Pengadilan Agama Pulang Pisau. Tepat pukul 13.00 WIB berlangsung acara serah terima mahasiswa magang dari Fakultas Syariah  UIN Antasari Banjarmasin yang berjumlah sebanyak 19 (sembilan belas) orang, bertempat di ruang meeting room Pengadilan Agama Pulang Pisau yang dilaksanakan secara daring (dalam jaringan) atau Virtual melalui aplikasi zoom meeting.

Pengadilan Agama Pulang Pisau melaksanakan acara pembukaan dan serah terima mahasiswa UIN Antasari di pandu oleh pembawa acara Gusti Astuti Wulandari, S.H. yang dihadiri oleh Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau Ibu Sri Roslinda, S.Ag.,M.H,  Wakil Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau bapak  Erpan, S.H.,M.H, dan Hakim Pengadilan agama Pulang Pisau Bapak M.Anton Dwi Putra, S.H.,M.H.  yang mana “Pak Wakil” biasa sapaannya serta “pak Anton” yang ditunjuk dan di pilih langsung oleh ibu ketua untuk menjadi Pamong dalam kegiatan ini .Dihadiri pula dalam zoom meeting  Bapak Abdul Hafizh Sairazy,S.HI.,M.HI. dan Ibu Saádah, S.Ag.,M.H., selaku Dosen Pembimbing Praktikum B.

Segala rangkaian acara yang berjalan dengan lancar serta di dukung oleh sinyal dan jaringan yang bagus, pelaksanaan serah terima yang diwakilkan oleh Bapak Abdul Hafizh Sairazy,S.HI.,M.HI. kepada Pengadilan Agama Pulang Pisau, Juga disampaikan oleh Pak Abdul Hafizh rasa sedih beliau karena tidak dapat bertatap muka secara langsung dengan seluruh keluarga besar Pengadilan Agama Pulang Pisau dalam penyerahan mahasiswa ini “Sangat Ingin Rasanya saya bertemu dengan bapak ibu disana namun keadaan saat ini tidak memungkinkan untuk kita bertemu”. Ujar beliau.

Dalam sambutananya, Bapak Erpan yang juga selaku Pamong dalam kegiatan Praktikum ini , juga menyampaikan bahwa mahasiwa yang magang di Pengadilan Agama Pulang Pisau harus memaksimalkan dan menjadi kesempatan yang berharga untuk para mahasiswa bertanya secara langsung kepada para ahlinya terkait apa yang selama ini belum mereka pahami atau yang tidak diketahui selama perkuliahan. Pertama kalinya dalam sejarah pendidikan terutama untuk setiap Perguruan Tinggi di Indonesia melaksanakan praktik secara daring di tengah wabah pandemi Covid-19 sehingga menyebabkan pelaksanaan praktikum menjadi berbeda dari biasanya.

Ketua PA Pulang Pisau Sri Roslinda, S.Ag.,M.H.  menyambut  baik kepercayaan Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin yang telah memberikan kepercayaan kepada PA Pulang Pisau untuk  membimbing mahasiswa dalam praktikum ini. “Saya selaku Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau menyambut baik adanya permohonan dari Fakultas Syariah UIN Antasari Banjarmasin untuk menunjuk Pengadilan Agama Pulang Pisau sebagai salah satu tempat mahasiswa Praktikum B yang dilaksanakan secara daring selama 1 (satu) bulan terhitung dari tanggal 24 Juni 2020 s/d 24 Juli 2020 mendatang semoga dapat terlaksana dengan lancar dan sukses. Sambut beliau

Acara Acara yang ditutup dengan doa yang dibacakan oleh saudara Ronny Effendy yang dihaturkan secara khidmat itu menjadi penutup acara pembukaan dan serah terima mahasiswa praktikum B semoga kegiatan ini dapat terlaksana dengan lancar dan sukses.

(Gst)

  • Cara Mudah Telusuri Perkara Dengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi, maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) menjadi semakin penting dan dapat diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal, maupun pihak eksternal Pengadilan.
  • Kata Pengantar Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau Puji syukur kita panjatkan kehadirat kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayah Nya sehingga dengan karunia Nya Pengadilan Agama Pulang Pisau bisa mewujudkan cita-citanya untuk merelease Situs Resmi Pengadilan Agama Pulang Pisau dengan alamat http://pa-pulangpisau.go.id
  • Pelayanan Online pada Mahkamah Agung Informasi publik pada Mahkamah Agung RI yang dapat diakses secara online, seperti : Info Perkara, Direktori Putusan, SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) sehingga masyarakat bisa memperoleh informasi lebih baik, mudah, murah, cepat dan efisien.