Arsip Berita Pengadilan

PTSP Pengadilan Agama Pulang Pisau Laksanakan SKM

 

Seiring kemajuan teknologi dan tuntutan masyarakat dalam hal pelayanan, maka Pengadilan Agama Pulang Pisau terutama di bagian Pelayanan terpadu satu pintu (PTSP)  dituntut untuk memenuhi harapan masyarakat dalam melakukan perbaikan pelayanan.

Adalah SP3K atau ‘’Survey Pelayanan Pubik dan persepsi Korupsi’’ yang merupakan salah satu aplikasi ungulan dari 10 aplikasi yang di luncurkan PTA Palangka Raya pada hari Kamis Tanggal 20 Februari 2020 di Aula Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya yang merupakan aplikasi penunjang Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang mengacu pada PERMENPAN RB Nomor 52 TAHUN 2014 tentang pedoman pembangunan zona integritas.

Dalam pembangunan Zona Integritas yang di laksanakan setiap tahun oleh seluruh satuan kerja di Pengadilan Agama telah mewajibkan adanya penyelenggaraan SKM. Survei kepuasan masyarakat atau di singkat dengan SKM adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya.

Survei kepuasan masyarakat bertujuan untuk mengetahui dan mempelajari tingkat kinerja masyarakat yang ada di Pengadilan Agama Pulang Pisau secara berkala sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan di Pengadilan Agama Pulang Pisau.

Pengukuran kepuasan masyarakat merupakan elemen penting dalam proses eveluasi pelayanan masyarakat  dimana tujuan akhir yang hendak dicapai adalah menyediakan pelayanan yang lebih efektif, efisien, dan akuntabel berbasis dari kebutuhan masyarakat. Suatu pelayanan dinilai memuaskan bila pelayanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pengguna layanan. Kepuasan masyarakat dapat juga dijadikan acuan bagi berhasil atau tidaknya pelaksanaan visi dan Misi Pengadilan Agama Pulang Pisau yaitu mewujudkan badan peradilan yang agung.

Berkaitan dengan hal tersebut di atas maka Pengadilan Agama Pulang Pisau menyelenggarakan survei  kepuasan masyarakat dengan cara melakukan pengisian kuesioner survei  kepuasan masyarakat secara elektronik yang tersedia di meja pelayanan terpadu satu pintu Pengadilan Agama Pulang Pisau. Para pihak berperkara yang sudah menyelesaikan perkaranya di Pengadilan Agama Pulang Pisau dan ingin mengambil produk pengadilan baik berupa Akta Cerai maupun  Salinan Putusan dari Pengadilan menjadi sampel dalam Pengisian kuesioner SKM.

“Diharapkan dengan semakin meningkatnya indeks kepuasan masyarakat atas pelayanan berarti semakin baik pula kualitas pelayanan yang diberikan di Pengadilan Agama Pulang Pisau.” Ujar Pak wakil ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau.

(Titin)

  • Cara Mudah Telusuri Perkara Dengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi, maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) menjadi semakin penting dan dapat diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal, maupun pihak eksternal Pengadilan.
  • Kata Pengantar Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau Puji syukur kita panjatkan kehadirat kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayah Nya sehingga dengan karunia Nya Pengadilan Agama Pulang Pisau bisa mewujudkan cita-citanya untuk merelease Situs Resmi Pengadilan Agama Pulang Pisau dengan alamat http://pa-pulangpisau.go.id
  • Pelayanan Online pada Mahkamah Agung Informasi publik pada Mahkamah Agung RI yang dapat diakses secara online, seperti : Info Perkara, Direktori Putusan, SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) sehingga masyarakat bisa memperoleh informasi lebih baik, mudah, murah, cepat dan efisien.