Arsip Berita Pengadilan

Rapat Redaksi PA Pulang Pisau : Trik Terbaik Buat Berita

Kamis (12/03/2020) Tim Jurnalis PA Pulang Pisau adakan rapat redaksi bertempat di ruang sidang PA Pulang Pisau pada pukul 15:00 WIB sampai selesai. Rapat redaksi ini dibuka oleh  Mulyadi, Lc., M.H.I. selaku Ketua tim jurnalis PA Pulang Pisau serta didampingi WKPA Pulang Pisau Erpan, S.H.,M.H. sebagai Pembina.  Rapat tersebut di hadiri oleh hampir seluruh anggota tim jurnalis PA Pulang Pisau yang terdiri dari Fandi Triandi, S.E., Bemby Joviko, S.H., Tesar Satria Nugraha, S.H., Gusti Astuti Wulandari, S.H., Kartini, S. Pd.I., Sauni, S. Kom, Mirayanti, S.H. dan Muhammad Ali Akbar Bethariansyah, S. Kom.

Rapat kali ini WKPA Pulang Pisau menyampaikan bahwa ada sekitar 70 berita yang sudah masuk dalam Website dan media PA Pulang Pisau lainnya sepanjang tahun 2020 meskipun saat ini bisa dibilang masih awal tahun. Sebuah pencapaian yang luar biasa tentunya namun bukan berarti kita melupakan makna dan kandungan serta kaidah tatacara penulisan yang baik dalam sebuah berita, isi maupun judulnya tetap harus bagus dan menarik untuk dibaca,” terangnya.

Selain itu dipaparkannya bahwa 5 W (What, Who,Where, When, Why dan How) yang dikenal juga dengan ADIK SIMBA, yakni kependekan dari Apa, Di mana, Kapan, Siapa, Mengapa dan Bagaimana harus selalu ada dalam setiap berita. “Meningkatkan kualitas berita agar menarik dan inovatif serta tak lupa pula informasi yang tertuang dalam sebuah berita harus memberi rasa kepuasan dan menambah wawasan bagi para pembaca merupakan sebuah keniscayaan”, tambahnya.

Dalam rapat ini Beliau juga memberikan trik-trik penulisan agar tak terlihat monoton dan mengasikkan untuk dibaca. Ia juga meminta para tim IT PA Pulang Pisau untuk mengecek serta menelusuri kerusakan pada Web PA Pulang Pisau agar tidak ada kendala lagi saat dibuka baik oleh pihak internal maupun eksternal.

Dalam kesempatan ini juga pak Mul panggilan akrab Ketua Tim menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua Tim Jurnalis PA Pulang Pisau atas segala kontribusi dan jerih payahnya sehingga PA Pulang Pisau mendapat penghargaan dari PTA Palangka Raya yaitu sebagai Pengirim Berita terbanyak. “Semoga Allah yang Maha Kuasa membalas semua amal kita dengan pahala yang berlipat ganda dan menjadikan kita sebagai insan yang senantiasa beriman dan selalu bertakwa kepadaNya,” tambahnya.

Beliau menyampaikan kepada Tim Jurnalis PA Pulang Pisau agar selalu berkarya dan berkreasi tanpa harus plagiarisme yang merupakan penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri. Plagiat dapat dianggap sebagai tindak pidana karena mencuri hak cipta orang lain”, jelasnya. Ditambahkannya, setiap bulan akan ada sebuah penghargaan kepada anggota Tim Jurnalis PA Pulang Pisau yang terpilih sebagai pembuat berita terbaik.

Terakhir sebagai penutup WKPA Pulang Pisau menyampaikan bahwa saat ini PA Pulang Pisau menjadi salah satu role model berita, oleh karena itu Tim Jurnalis PA Pulang Pisau harus mempunyai kesiapan dan kematangan yang mumpuni agar mampu mampu menciptakan sebuah karya tulis yang utuh. “Perkembangan bahasa penulisan harus selalu ditingkatkan dan semangat menulis harus selalu membara dalam dada karena kita telah menjadi kiblat berita se-wilayah Kalimantan Tengah dan itu sudah menjadi konsekuensinya”, tutupnya

(Gusti)

  • Cara Mudah Telusuri Perkara Dengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi, maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) menjadi semakin penting dan dapat diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal, maupun pihak eksternal Pengadilan.
  • Kata Pengantar Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau Puji syukur kita panjatkan kehadirat kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayah Nya sehingga dengan karunia Nya Pengadilan Agama Pulang Pisau bisa mewujudkan cita-citanya untuk merelease Situs Resmi Pengadilan Agama Pulang Pisau dengan alamat http://pa-pulangpisau.go.id
  • Pelayanan Online pada Mahkamah Agung Informasi publik pada Mahkamah Agung RI yang dapat diakses secara online, seperti : Info Perkara, Direktori Putusan, SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) sehingga masyarakat bisa memperoleh informasi lebih baik, mudah, murah, cepat dan efisien.