Arsip Berita Pengadilan

Talk Show Ketujuh PA Pulang Pisau Bahas Pencapaian dan Harapan

 

 

 

PA Pulang Pisau kembali mengudara bersama Radio H2FM Kabupaten Pulang Pisau. Ini sudah menjadi talk show  ketujuh yang dilakukan bersama H2FM,  berbeda dari talk show biasanya kali ini KPA Pulang Pisau Sri Roslinda, S.Ag.M.H. langsung yang menjadi narasumber.

Acara talk show ini digelar pada hari Rabu (08/01/2020) pukul 19.00 WIB secara langsung di Kantor Radio H2FM Kabupaten Pulang Pisau. Acara yang dilakukan dengan begitu hangat dengan tema Refleksi Akhir Tahun 2019 dan Program Kerja Tahun 2020 Pengadilan Agama Pulang Pisau.

KPA Pulang Pisau memaparkan mengenai dua sisi dari lembaga peradilan yaitu tekhnis yustisial dan tekhnis non yustisial. Dari sisi tekhnis yustisial dibagi lagi menjadi beberapa bagian seperti kaitannya dengan penanganan perkara PA Pulang Pisau sebagai salah satu lembaga yudikatif, perjanjian kerjasama yang terjalin dengan stakeholder dan sebuah langkah besar berupa Diskresi KPA Pulang Pisau di tahun 2019.

 

 

Selain itu KPA juga menjelaskan sisi tekhnis non yustisial seperti tentang deklarasi pencanangan zona integritas, sosialisasi, penyuluhan hukum, diskusi hukum serta implementasi teknologi informasi di PA Pulang Pisau.

Pada talk show kali ini masyarakat juga ikut antusias dalam mendengarkan, yang mana banyak masyarakat mengajukan pertanyaan baik dari via telpon maupun sms  yang langsung dijawab oleh KPA Pulang Pisau.

Pada kesempatan ini  KPA Pulang Pisau Sri Roslinda., S.Ag. M.H. juga menyampaikan program kerja tahun 2020 baik dalam jangka pendek, menengah, maupun panjang. Ia juga mengutarakan harapan  untuk PA Pulang Pisau di tahun 2020  dan kedepannya. Dalam closing statement dialog interaktif tersebut, KPA Pulang Pisau menyampaikan beberapa point penting berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi Pengadilan Agama sebagai berikut:

Pertama PA Pulang Pisau ingin merubah pandangan masyarakat bahwa Pengadilan Agama bukan hanya tempat untuk perkara cerai saja, akan tetapi banyak kewenangan lainnya yang masyarakat belum ketahui diantaranya seperti perkara pengangkatan anak, perkara ekonomi syariah dan itu adalah perkerjaan terbesar bagi PA Pulang Pisau di tahun 2020 untuk menyampaikan pesan itu ke masyarakat.

Kedua sebagai lembaga yudisial PA Pulang Pisau juga harus berperan aktif dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang arti pentingnya taat pada hukum itu sendiri, sosialisasi tentang aturan-aturan hukum baik di lingkungan masyarakat maupun instansi pemerintahan, bahkan dunia pendidikan harus dapat tersentuh sebab pada dasarnya kesadaran hukum juga harus ditanamkan sejak usia dini.

Sesuai instruksi Ketua Mahkamah Agung RI, bahwa implementasi persidangan secara elektronik sudah harus dilaksanakan di tahun 2020 ini, maka PA Pulang Pisau sebagai salah satu garda terdepan Mahkamah Agung dan siap untuk melaksanakan instruksi tersebut.

Semoga PA Pulang Pisau semakin berjaya dan lebih baik lagi, tutup KPA Pulang Pisau.

(Gusti)

  • Cara Mudah Telusuri Perkara Dengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi, maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) menjadi semakin penting dan dapat diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal, maupun pihak eksternal Pengadilan.
  • Kata Pengantar Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau Puji syukur kita panjatkan kehadirat kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayah Nya sehingga dengan karunia Nya Pengadilan Agama Pulang Pisau bisa mewujudkan cita-citanya untuk merelease Situs Resmi Pengadilan Agama Pulang Pisau dengan alamat http://pa-pulangpisau.go.id
  • Pelayanan Online pada Mahkamah Agung Informasi publik pada Mahkamah Agung RI yang dapat diakses secara online, seperti : Info Perkara, Direktori Putusan, SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) sehingga masyarakat bisa memperoleh informasi lebih baik, mudah, murah, cepat dan efisien.