Arsip Berita Pengadilan

KPTA Palangka Raya Kunjungi PA Pulang Pisau

 

Pulang Pisau | pa-pulangpisau.go.id

Rabu (04/12/2019) pukul 09.00 WIB KPTA Palangka Raya Drs. H. Shofrowi, S.H., M.H. didampingi Kabag Umum dan Keuangan Mauliannor, S. Ag. berkunjung ke PA Pulang Pisau. Kunjungan beliau disambut dengan hangat oleh KPA Pulang Pisau Sri Roslinda, S. Ag., M.H. dan seluruh jajarannya. Setelah mengisi buku tamu Beliaupun berkeliling masuk ke setiap ruangan dan beramah tamah dengan seluruh pegawai. Setelah itu KPTA melakukan pembinaan di ruang sidang PA Pulang Pisau.

Dalam paparannya KPTA menyampaikan agar setiap hakim mempelajari SEMA dan Perma dengan sungguh-sungguh, jangan banyak tafsir agar tidak tersalah dalam penerapannya baik yang berkaitan dengan hukum formil maupun hukum materiil.

Lanjutnya, Hakim dalam melakukan pemeriksaan perkara di persidangan jangan sumir, dalam mengajukan pertanyaan kepada saksi harus lebih dipertajam dan diperinci lagi agar jelas fakta hukumnya.

Hakim, tambahnya, juga harus banyak membaca buku-buku yang berkaitan dengan hukum minimal 2 jam sehari agar khazanah pengetahuannya semakin mumpuni dan kemampuannya dalam menyelesaikan perkara semakin melonjak.

“Kepada Para Hakim, Panitera, Panitera Pengganti dan Jurusita serta Jurusita Pengganti agar lebih teliti lagi dalam bekerja sehingga dapat meminimalisir risiko kesalahan dalam melaksanakan tupoksi sehari-hari khususnya yang berkaitan dengan perkara, ungkap KPTA kelahiran Salatiga, 4 Maret 1955 ini.

Ia berpesan kepada seluruh Hakim dan Pegawai agar menjaga keakraban dan kekompakan serta jangan ada dendam antar sesama, bekerjalah dengan niat karena Allah agar mendapat ridho dariNya dan selalu bersyukur supaya hidup ini senantiasa bahagia.

Sementara itu Kabag Umum dan Keuangan PTA Palangka Raya menyampaikan beberapa hal diantaranya yaitu menjelang akhir tahun agar seluruh laporan dipersiapkan baik SAKIP, LKJIP, Laptah dan lainnya.

“Transparansi penggunaan biaya perkara oleh petugas pelayanan di PTSP agar dijelaskan lebih detail lagi agar para pihak dapat memahaminya dengan baik, bahkan kalau perlu buat inovasi untuk mengatasi hal tersebut” ucapnya. 

Kunjungan yang penuh keakraban ini kemudian berakhir pukul 12.00 WIB. Selanjutnya KPTA dan rombongan meneruskan perjalanan untuk melakukan kunjungan berikutnya ke PA Kuala Kapuas.

(Mulyadi)

  • Cara Mudah Telusuri Perkara Dengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi, maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) menjadi semakin penting dan dapat diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal, maupun pihak eksternal Pengadilan.
  • Kata Pengantar Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau Puji syukur kita panjatkan kehadirat kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayah Nya sehingga dengan karunia Nya Pengadilan Agama Pulang Pisau bisa mewujudkan cita-citanya untuk merelease Situs Resmi Pengadilan Agama Pulang Pisau dengan alamat http://pa-pulangpisau.go.id
  • Pelayanan Online pada Mahkamah Agung Informasi publik pada Mahkamah Agung RI yang dapat diakses secara online, seperti : Info Perkara, Direktori Putusan, SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) sehingga masyarakat bisa memperoleh informasi lebih baik, mudah, murah, cepat dan efisien.