Arsip Berita Pengadilan

PA Pulang Pisau Ikuti acara Pelaksanaan End User Training SAKTI Web

Pulang Pisau | pa-pulangpisau.go.id

Azmi Fuadi, S.H., Pranata Komputer Terampil PA Pulang Pisau mengikuti acara pelaksanaan End User Training SAKTI Web KPPN Palangka Raya Tahun 2019 pada hari Jumat (29/11/2019) pukul 08.00 WIB di Aula I KPPN Palangka Raya.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Satker Se-Kalimantan Tengah yang terikat oleh Kementerian Keuangan RI Direktorat Jenderal Perbendaharaan. Kegiatan ini juga terusan dari kegiatan sebelumnya yang mana sekarang para peserta akan langsung melakukan praktek simulasi Aplikasi SAKTI Web dengan arahan dari Pegawai Kanwil DJPb.

Persiapan yang harus dibawa untuk acara ini adalah laptop yang dapat terkoneksi dengan internet, membawa modem/handphone yang memiliki koneksi internet, Surat keputusan User SAKTI dalam bentuk hardcopy dan softcopy (PDF), Form refensi saktker dalam bentuk hardcopy dan softcopy (excel), Form surat mail sakti dalam bentuk hardcopy dan softcopy (excel) dan Form User Aplikasi SAKTI dalam bentuk hardcopy dan softcopy (excel).

Acara dibuka Bara Sandy Gautama sebagai Pembawa acara dan dilanjutkan oleh Pegawai Kanwil DJPb yang menjadi narasumber untuk kegiatan SAKTI Web. Disini Narasumber menjelaskan materi tentang Perbedaan Aplikasi SAKTI pada modul Penganggaran dengan RKAKL Existing.

Lanjutnya, SAKTI meliputi pembagian role operator dan approver, single database, pengiriman data usulan revisi otomatis, log transaksi, locking pagu, alur keuangan yang streamlined dari penganggaran dan pelaksanaan hingga pelaporan.

Sedangkan pada RKAKL Existing tidak adanya pembagian role, database belum terintegrasi, Pengiriman ADK Manual dan Tidak ada Log Transaksi.

Narasumber juga menjelaskan modul yang akan digunakan pada aplikasi SAKTI Web untuk sementara cuma dua yaitu Modul Administrasi dan Modul Anggaran. Adapun yang bisa mengakses SAKTI Web ada tiga user yaitu Admin, KPA dan Operator.

Dari tiga user itu, tambahnya, ada tugas masing-masing, Admin Lokal bertugas untuk melakukan administrasi user, pejabat dan penandatangan. Adapun KPA maka disini ia selaku Approval Anggaran dan Kuasa Pengguna Anggaran pada Satker tersebut. Terakhir Operator Anggaran bertanggung jawab dalam kegiatan operasional modul anggaran SAKTI Web.

Acara ini ditutup dengan Sesi Tanya Jawab yang berkaitan dengan tema SAKTI Web. Pada Sesi ini Satker-satker sangat antusias untuk bertanya terkait permasalahan yang ada pada setiap Sakter. Setelah tanya jawab selesai selanjutnya narasumber memerintahkan setiap satker agar menyiapkan flashdisk dan berkas yang sudah ditanda tangani oleh Kuasa Pengguna Anggaran guna pembuatan User SAKTI Web.

             

(Akbar)

  • Cara Mudah Telusuri Perkara Dengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi, maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) menjadi semakin penting dan dapat diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal, maupun pihak eksternal Pengadilan.
  • Kata Pengantar Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau Puji syukur kita panjatkan kehadirat kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayah Nya sehingga dengan karunia Nya Pengadilan Agama Pulang Pisau bisa mewujudkan cita-citanya untuk merelease Situs Resmi Pengadilan Agama Pulang Pisau dengan alamat http://pa-pulangpisau.go.id
  • Pelayanan Online pada Mahkamah Agung Informasi publik pada Mahkamah Agung RI yang dapat diakses secara online, seperti : Info Perkara, Direktori Putusan, SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) sehingga masyarakat bisa memperoleh informasi lebih baik, mudah, murah, cepat dan efisien.