Arsip Berita Pengadilan

Aplikasi Notifikasi Perkara Sudah Eksis di PA Pulang Pisau

 

Salah satu dari 9 aplikasi unggulan yang diluncurkan oleh Dirjen Badilag adalah Aplikasi notifikasi perkara. Aplikasi tersebut sudah diterapkan di PA Pulang Pisau secara aktif sejak bulan Oktober 2019. Dengan adanya aplikasi ini pihak yang berperkara akan diingatkan oleh system secara otomatis tentang tahapan sidang yang saat ini sedang dijalaninya sehingga ia dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi dan tidak lupa untuk menghadirinya. 

Tujuan notifikasi ini adalah untuk memenuhi kebutuhan akses informasi perkara, transparansi biaya, jadwal persidangan dan produk pengadilan. Cara penggunaannya adalah para pihak cukup mengirim sms ke nomor 0822 5092 2059 dengan format:

  1. Keuangan nomor_perkara
  2. Putus nomor_perkara
  3. Sidang nomor_perkara
  4. Akta nomor_perkara

Contoh : keuangan 200/Pdt.G/2019/PA.Pps

Dengan adanya SMS tersebut aplikasi secara otomatis akan memberikan notifikasi terkait perkembangan dan status terakhir perkara para pihak. Aplikasi ini merupakan bagian dari keterbukaan informasi dan pemamfaatan teknologi sehingga keduanya dapat dikawinkan seiring sejalan sesuai kebutuhan.

Panitera PA Pulang Pisau H. Abdussahid, S. Ag. menyatakan sangat terbantu dengan adanya aplikasi ini karena akan mengingatkan para pihak tentang pelaksanaan hari sidang dan lainnya sehingga proses persidangan di PA Pulang Pisau dapat berjalan dengan lancar dan penyelesaian perkara dapat diselesaikan sebagaimana mestinya sesuai ketentuan yang berlaku. 

 

(Sauni)

  • Cara Mudah Telusuri Perkara Dengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi, maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) menjadi semakin penting dan dapat diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal, maupun pihak eksternal Pengadilan.
  • Kata Pengantar Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau Puji syukur kita panjatkan kehadirat kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayah Nya sehingga dengan karunia Nya Pengadilan Agama Pulang Pisau bisa mewujudkan cita-citanya untuk merelease Situs Resmi Pengadilan Agama Pulang Pisau dengan alamat http://pa-pulangpisau.go.id
  • Pelayanan Online pada Mahkamah Agung Informasi publik pada Mahkamah Agung RI yang dapat diakses secara online, seperti : Info Perkara, Direktori Putusan, SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) sehingga masyarakat bisa memperoleh informasi lebih baik, mudah, murah, cepat dan efisien.