Arsip Berita Pengadilan

WKPA Pulang Pisau Berhasil Damaikan Pihak Berperkara

 

 

Pulang Pisau | pa-pulangpisau.go.id

WKPA Pulang Pisau Erpan, S.H., M.H. berhasil damaikan pihak berperkara pada saat mediasi perkara cerai gugat nomor 95/Pdt.G/2019/PA.PPs. Bertempat di ruang mediasi PA Pulang Pisau mediasi dilaksanakan pada hari Selasa (05/11/2019) pukul 09.00 WIB.

Mediasi yang ia lakukan sebanyak dua kali tersebut ternyata membuahkan hasil, pihak Penggugat melunak dengan mencabut perkaranya setelah dinasehati secara gamblang dan intens olehnya. Ia menggunakan berbagai cara agar pihak tersebut mau berdamai baik menggunakan dalil syar’i, pendekatan filosofis, soiologis dan lainnya.

Seperti diketahui, dalam setiap pekara perceraian di Pengadilan Agama sebelum masuk pokok perkara kedua belah pihak terlebih dahulu harus menempuh proses mediasi, jika mediasi tidak dilakukan maka perkara tersebut akan batal demi hukum.

Dasar hukum mediasi adalah Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2016 Perubahan Atas Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2008 Tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan. Sedangkan formulir penunjangnya ada dalam Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Nomor 108/KMA/SK/ VI/2016 Tentang Tata Kelola Mediasi di Pengadilan.

Setelah berhasil memediasi perkara tersebut, Erpan segera membuat laporan mediasi dan menyerahkan laporan mediasinya kepada Ketua Majelis perkara ini yaitu Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau.

Kedua belah pihak yang berhasil didamaikan raut wajahnya terlihat tampak puas dan ceria. Mukanya berseri-seri dan senyum sumringah tidak terlepas dari bibir keduanya saat meninggalkan ruang mediasi. Mereka pun pulang tanpa beban dengan hati senang dan gembira.

Erpan pun berharap para pihak yang berdamai tersebut tetap rukun dalam membina rumah tangga, jika ada masalah dikomunikasikan dengan baik, dekatkan diri pada agama, sehingga rumah tangga mereka akan selalu sakinah mawaddah warahmah dan mendapatkan ridho serta limpahan berkah dan rahmat dari Allah SWT.

 

(Mlyd)  

 

 

  • Cara Mudah Telusuri Perkara Dengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi, maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) menjadi semakin penting dan dapat diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal, maupun pihak eksternal Pengadilan.
  • Kata Pengantar Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau Puji syukur kita panjatkan kehadirat kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayah Nya sehingga dengan karunia Nya Pengadilan Agama Pulang Pisau bisa mewujudkan cita-citanya untuk merelease Situs Resmi Pengadilan Agama Pulang Pisau dengan alamat http://pa-pulangpisau.go.id
  • Pelayanan Online pada Mahkamah Agung Informasi publik pada Mahkamah Agung RI yang dapat diakses secara online, seperti : Info Perkara, Direktori Putusan, SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) sehingga masyarakat bisa memperoleh informasi lebih baik, mudah, murah, cepat dan efisien.