Arsip Berita Pengadilan

KPA Pulang Pisau Menghadiri Deklarasi Damai Pilkades Kabupaten Pulang Pisau

Sebanyak 110 calon kepala desa dari 30 Desa di 8 kecamatan yang akan menggelar pemilihan kepala desa mengikuti Deklrasi damai yang dilaksanakan di Aula Bappeda Kabupaten Pulang Pisau yang di Hadiri Jajaran FKPD lainnya, Rabu (4/9/2019).

“Tujuan deklarasi damai ini untuk menyatukan persepsi dan komitmen bagi para calon kepala desa dalam menyukseskan pilkades di kabupaten Pulang Pisau,” kata Bupati Pulang Pisau H Edy Pratowo.

Selain itu, lanjut Pak Bupati, deklarasi damai itu juga sebagai bentuk komtmen bersama daam mewujudkan pilkades yang berazaskan; langsung umum, bebas, rahasia serta jujur dan adil. Untuk itu bupati mengajak seluruh calon kades untuk melakukan kampanye dalam jadwal yang telah ditetapkan.

“Lakukan kampanye yang sifatnya edukatif, dialogis, menjaga keamanan dan ketertiban serta tidak melakukan politik uang. Saya juga mengharapkan masyarakat juga tidak terpengaruh dan tidak mudah terprovokasi dengan hoaks atau berita bohong,” cetus Bupati Pulang Pisau.

 saat ini masyarakat sudah lebih cerdas untuk menentukan pemimpin yang sesuai dengan visi serta misi calon kades serta menganalisis siapa pemimpin yang benar-benar mewakili aspirasi rakyat.

Bupati  berharap, semua pelaksanaan pilkades nantinya dapat berjalan dengan baik dan tidak ada permasalahan ataupun gugatan terkait hasil dan tahapan yang telah dilalui. “Untuk diketahui, penyelesaian konflik pilkades akan diselesaikan secara berjenjang. Mulai dari panitia desa hingga panitia kabupaten.

Hal itu, merujuk pada undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, pasal 37 ayat (6). Di situ, kata dia, dijlaskan; bahwa dalam hal terjadi perselisihan pilkades, bupati wajib menyelsaikan perselisihan dalam jangka waktu maksimal 30 hari

“Untuk itu sekali lagi diminta kepada panitia untuk bekerja sama dan sama-sama bekerja secara profesional. Sehingga pelaksanaan pilkades nanti bisa terlaksana dengan baik sesuai dengan harapan bersama,” kata Bupati Pulang Pisau.

Sementara itu KPA Pulang Pisau Sri Roslinda, S. Ag., M.H. yang turut berhadir dalam acara tersebut menyambut baik deklarasari damai dimaksud, karena siapapun ujarnya yang akan terpilih harus dapat mengabdikan dirinya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kabupaten Pulang Pisau.

(Tesar)

  • Cara Mudah Telusuri Perkara Dengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi, maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) menjadi semakin penting dan dapat diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal, maupun pihak eksternal Pengadilan.
  • Kata Pengantar Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau Puji syukur kita panjatkan kehadirat kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayah Nya sehingga dengan karunia Nya Pengadilan Agama Pulang Pisau bisa mewujudkan cita-citanya untuk merelease Situs Resmi Pengadilan Agama Pulang Pisau dengan alamat http://pa-pulangpisau.go.id
  • Pelayanan Online pada Mahkamah Agung Informasi publik pada Mahkamah Agung RI yang dapat diakses secara online, seperti : Info Perkara, Direktori Putusan, SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) sehingga masyarakat bisa memperoleh informasi lebih baik, mudah, murah, cepat dan efisien.