Arsip Berita Pengadilan

WKPTA Kalimantan Tengah; Ingin Membangun Lembaga Peradilan Yang Baik, Pedomani 7 Hal Ini

 

Pulang Pisau | pa-pulangpisau.go.id

Selepas acara Deklarasi Pencanangan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani, WKPTA Pulang Pisau berkenan meluangkan waktu untuk memberikan pembinaan di Kantor Pengadilan Agama Pulang Pisau. 

Pembinaan dilaksanakan pada hari Rabu (03/07/2019) pukul 10.00 WIB bertempat di ruang sidang Pengadilan Agama Pulang Pisau dan dihadiri oleh KPA Kuala Kapuas serta diikuti oleh KPA, WKPA, Para Hakim, Panitera, Sekretaris, Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional, Pra Staf dan PPNPNS PA Pulang Pisau.

Dalam arahannya WKPTA Kalimantan Tengah menyatakan ada 7 hal untuk membangun lembaga peradilan yang baik: pertama Court Management yaitu adanya management peradilan yang baik seperti adanya Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) dan Zona Integritas (ZI). Kedua Court Planning yaitu adanya perencanaan yang jelas di kantor seperti Renstra dan Program Kerja.

Ketiga lanjutnya Court Resource bagaimana pengadilan harus bisa memenej SDM aparaturnya. Keempat Court Proses bagaimana pengadilan mempunyai prosedur yang jelas seperti adanya Standar Operasional Prosedur (SOP). Kelima Client Need yaitu bahwa peradilan yang baik adalah pengadilan yang bisa menyerap kebutuhan dan aspirasi pencari keadilan.

Keenam tambahnya Affordable Court Service yaitu bagaimana pelayanan dapat diakses masyarakat secara baik seperti melalui website, Banner, TV Media dan lainnya dan yang ketujuh adalah adanya public trust yaitu pengadilan mampu merebut kepercayaan masyarakat.

Ketujuh hal tersebut, tutupnya agar selalu dipedomani oleh aparat pengadilan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sehingga system di kantor pengadilan dapat berjalan dengan baik dan mendapatkan tempat di hati masyarakat.     

 (Mlyd)

  • Cara Mudah Telusuri Perkara Dengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi, maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) menjadi semakin penting dan dapat diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal, maupun pihak eksternal Pengadilan.
  • Kata Pengantar Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau Puji syukur kita panjatkan kehadirat kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayah Nya sehingga dengan karunia Nya Pengadilan Agama Pulang Pisau bisa mewujudkan cita-citanya untuk merelease Situs Resmi Pengadilan Agama Pulang Pisau dengan alamat http://pa-pulangpisau.go.id
  • Pelayanan Online pada Mahkamah Agung Informasi publik pada Mahkamah Agung RI yang dapat diakses secara online, seperti : Info Perkara, Direktori Putusan, SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) sehingga masyarakat bisa memperoleh informasi lebih baik, mudah, murah, cepat dan efisien.