Arsip Berita Pengadilan

Bimbing Mahasiswa Praktik, WKPA Pulang Pisau Sampaikan Ini

 

Pulang Pisau | pa-pulangpisau.go.id

Memasuki hari pertama praktik kerja, Para mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin mendapatkan materi dari WKPA Pulang Pisau Erfan, S.H., M.H. Bertempat di ruang sidang PA Pulang Pisau acara penyampaian materi tersebut dilaksanakan pada hari Senin (17/06/2019) pukul 08.30 s.d. 12.00 WIB.

Dalam paparannya WKPA Pulang Pisau menyatakan Pengadilan Agama adalah salah satu pelaksana Kekuasaan kehakiman sebagaimana Pengadilan Negeri, Pengadilan Tata Usaha Negara dan Mahkamah Militer yang diatur dalam pasal 24 ayat 2 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Lebih lanjut, Ia menerangkan bahwa yang membedakan antar Pengadilan tersebut hanyalah mengenai kewenangannya saja, dalam hal ini Pengadilan Agama berwenang memeriksa, mengadili dan memutus perkara tertentu baik pada bidang perkawinan, kewarisan, zakat, wasiat, hibah, ekonomi syariah dan lainnya.

Ia berpesan agar selama magang ini para mahasiswa belajar dengan sungguh-sungguh sehingga dapat mensinergikan antara teori dan praktik di lapangan karena meskipun di kampus banyak mendapatkan teori namun dalam praktiknya akan masih ada kesulitan dalam menerapkannya.

Diharapkan dengan magangnya para mahasiswa disini mereka akan siap terjun ke dunia kerja setelah mereka menyelesaikan studinya nanti dari UIN Antasari Banjarmasin, ungkap Erfan.

Pada kesempatan itu pula ayah 3 orang anak ini memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk bertanya seluas-luasnya mengenai Pengadilan Agama baik yang berkaitan dengan administrasi kepaniteraan maupun administrasi kesekreteriatan.

 (Mlyd)

  • Cara Mudah Telusuri Perkara Dengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi, maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) menjadi semakin penting dan dapat diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal, maupun pihak eksternal Pengadilan.
  • Kata Pengantar Wakil Ketua PA Pulang Pisau Puji syukur kita panjatkan kehadirat kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayah Nya sehingga dengan karunia Nya Pengadilan Agama Pulang Pisau bisa mewujudkan cita-citanya untuk merelease Situs Resmi Pengadilan Agama Pulang Pisau dengan alamat http://pa-pulangpisau.go.id
  • Pelayanan Online pada Mahkamah Agung Informasi publik pada Mahkamah Agung RI yang dapat diakses secara online, seperti : Info Perkara, Direktori Putusan, SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) sehingga masyarakat bisa memperoleh informasi lebih baik, mudah, murah, cepat dan efisien.