Arsip Berita Pengadilan

Wakil Ketua dan Hakim Pengadilan Agama Pulang Pisau Ikuti Pelatihan Online Efektivitas Pribadi

Pulang Pisau | pa-pulangpisau.go.id

Wakil Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau Nur Izzah, S.H.I. dan Hakim PA Pulang Pisau Mulyadi, Lc., M.H.I. mengikuti Pelatihan Online Efektivitas Pribadi yang diselenggarakan oleh Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bekerja sama dengan Executive Learning Institute Prasetiya Mulya Tahun 2020. Keduanya dipanggil berdasarkan surat dari Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung R.I., Nomor 176/Bld/S/2/2021, tanggal 9 Februari 2021 Perihal Pemanggilan Peserta Pelatihan Online Efektivitas Pribadi Tahun 2021.

Giat ini dimulai pada hari Senin (15/02/2021) sampai hari Rabu (17/02/2021) dari pukul 13.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB. Pelatihan ini diikuti oleh Para Hakim Tingkat Pertama dan Tingkat Banding dari berbagai lingkungan peradilan se Indonesia yang terbagi dalam 4 kelas. Adapun pemateri pada pelatihan ini adalah Wahyuningsih, Ruben Saragih, CPC, MM, MBA. dan lainnya.

Pada pelatihan ini dijelaskan bahwa ada 16 tipe kepribadian seseorang yaitu ISTJ, ISFJ, INFJ, INTJ, ISTP, ISFP, INFP, INTP, ESTP, ESFP, ENFP, ENTP, ESTJ, ESFJ, ENFJ dan ENTJ. Adapun I (Introversion) ciri-cirinya adalah senang menyendiri atau interaksi satu lawan satu, senang bekerja sendiri, berpikir baru bertindak, terlihat tenang, fokus pada satu kegiatan, perenung, pikiran di dalam hati dan suka berefleksi atau memikirkan. Sedangkan ciri kepribadian E (extraversion) adalah senang berinteraksi dengan orang banyak, senang bekerja kelompok, bicara, bertindak baru berfikir, enerjik, banyak kegiatan, banyak bicara, pikiran diucapkan dan suka diskusi.

Diuraikan pula ciri kepribadian S (Sensing) adalah melihat apa adanya sesuai fakta, spesifik dan mendetail, senang menghadapi hal-hal praktis, tertarik pada data dan grafik dibandingkan teori, memanfaatkan hal-hal yang sudah ada dan dikenal dengan baik, percaya pada pengalaman pribadi yang pasti dan nyata serta melihat yang dimiliki saat ini dari pada spekulasi. Sedangkan ciri kepribadian N (Intuition) adalah melihat makna dibalik peristiswa, memikirkan berbagai kemungkinan ke depan, dampak, akibat tindakan, informasi didapat dari firasat atau bayangan, mengembangkan hal-hal baru dan berbeda sehingga tidak menyukai rutinitas dan pengulangan, suka konsep-konsep dan teori-teori serta senang berspekulasi.

Ciri T (Thinking) adalah tegas, menganalisa masalah dengan obyektif, logis, menyampaikan keputusan langsung, mementingkan kebenaran kompetensi, keadilan, memutuskan dengan rasio, tampak insensitif dan tidak dimasukkan ke hati. Sedangkan Ciri F (Feeling) adalah lembut hati, menganalisa masalah dengan perasaan, subyektif, menyampaikan keputusan dengan taktis, mementingkan relasi, harmoni, memutuskan dengan hati, tampak emosional dan sensitif.

Ciri J (Judiging) adalah membuat batasan, mementingkan struktur, penuh perencanaan, suka aturan, kerja selesai baru santai, suka segala sesuatu selesai atau tuntas, orientasi tujuan/hasil, lebih teratur, suka semua ada di tempatnya dan ada keputusan.  sedangkan ciri kepribadian P (Perceiving) adalah mencari kebebasan, mementingkan menjalani, adaptasi dengan yang ada, suka fleksibiltas, santai dulu baru kerja, suka memulai proyek baru, orientasi proses, lebih santai dan suka segala sesuatu punya kemungkinan terbuka dan spontanitas.

Banyak lagi aneka materi lainnya yang sangat bermanfaat untuk kita pelajari guna menambah pengetahuan kita. Dalam pelatihan ini selain mendengarkan materi ada juga sesi tanya jawab, memberi komentar, diskusi kelompok dan lain sebagainya.

Dengan mengikuti pelatihan ini semoga para peserta dapat mengenali karakter rekan kerja, menjaga harmoni dengan mereka, dapat menggali potensi mereka dengan cara yang elegan, menghargai prestasi mereka, berkomunikasi dengan baik dan sesuai kepribadian mereka, mengatasi konfilk dengan baik, memanfaatkan perbedaan untuk menghasilkan kinerja terbaik di berbagai sektor dan memanfaatkan segala potensi serta bakat yang berbeda agar Kantor dapat memperoleh  prestasi yang beragam dan gilang-gemilang. 

(Mul/Tim Red)

  • Cara Mudah Telusuri Perkara Dengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi, maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) menjadi semakin penting dan dapat diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal, maupun pihak eksternal Pengadilan.
  • Kata Pengantar Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau Puji syukur kita panjatkan kehadirat kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayah Nya sehingga dengan karunia Nya Pengadilan Agama Pulang Pisau bisa mewujudkan cita-citanya untuk merelease Situs Resmi Pengadilan Agama Pulang Pisau dengan alamat http://pa-pulangpisau.go.id
  • Pelayanan Online pada Mahkamah Agung Informasi publik pada Mahkamah Agung RI yang dapat diakses secara online, seperti : Info Perkara, Direktori Putusan, SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) sehingga masyarakat bisa memperoleh informasi lebih baik, mudah, murah, cepat dan efisien.