Arsip Berita Pengadilan

Hakim Pengadilan Agama Pulang Pisau Paparkan Materi Teknik Persidangan

Hakim Pengadilan Agama Pulang Pisau Mulyadi, Lc., M.H.I. memberikan materi Tehnik Persidangan kepada Para Mahasiswa Fakultas Syari’ah Program Studi Hukum Keluarga Islam Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya yang sedang praktik kemahiran hukum. Bertempat di ruang sidang Pengadilan Agama Pulang Pisau kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis (11/02/2021) pukul 13.00 sampai pukul 16.00 WIB.

Pada kesempatan ini Mulyadi menjelaskan tentang teknik persidangan dari proses registrasi hingga akhir yang meliputi pendaftaran baik secara manual, gugatan mandiri dan e-court, kemudian tentang SKUM baik manual, e-court maupun prodeo, Penetapan Majelis Hakim, Penunjukan Panitera Pengganti, penunjukan Jurusita Pengganti, Penetapan Hari Sidang, tatacara Pemanggilan baik yang secara biasa, tabayyun, ghoib dan e-court.

Selain itu dijelaskannya pula tentang proses Persidangan pertama, Mediasi, Pembacaan Gugatan/Permohonan, kumulasi gugatan, provisi, perubahan gugatan, Jawaban baik yang mengandung eksepsi maupun rekonvensi, Replik, Duplik, Re replik, Re duplik, Pembuktian baik alat bukti surat, saksi, persangkaan, pengakuan, sumpah, alat bukti eletronik dan pemeriksaan setempat.

Mulyadi juga memaparkan tentang kesimpulan, musyawarah majelis, dissenting opinion, pembacaan putusan, jenis-jenis putusan baik dikabulkan, ditolak, dicabut, di NO, gugur dan dibatalkan,  pemberitahuan isi putusan, ikrar talak, upaya hukum baik verzet, banding, kasasi dan Peninjauan Kembali.

Meskipun materi ini disampaikan dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama namun semoga hal tersebut dapat membantu para mahasiswa dalam memahami teknik persidangan dengan baik sehingga jika suatu saat mereka berkecimpung di dunia peradilan baik sebagai Hakim, Panitera Pengganti, Kuasa Hukum dan lainnya mereka dapat mengimplementasikannya ilmu yang mereka peroleh dengan piawai, tepat, profesional dan proporsional.

(Mul/Tim-Red)

  • Cara Mudah Telusuri Perkara Dengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi, maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) menjadi semakin penting dan dapat diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal, maupun pihak eksternal Pengadilan.
  • Kata Pengantar Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau Puji syukur kita panjatkan kehadirat kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayah Nya sehingga dengan karunia Nya Pengadilan Agama Pulang Pisau bisa mewujudkan cita-citanya untuk merelease Situs Resmi Pengadilan Agama Pulang Pisau dengan alamat http://pa-pulangpisau.go.id
  • Pelayanan Online pada Mahkamah Agung Informasi publik pada Mahkamah Agung RI yang dapat diakses secara online, seperti : Info Perkara, Direktori Putusan, SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) sehingga masyarakat bisa memperoleh informasi lebih baik, mudah, murah, cepat dan efisien.